Senin, 16 April 2018

Bus Pabrikan Hino yang merajalela di Indonesia - Part 2

Halo Readers . Kali Ini Saya akan membahas tentang chassis Bus Hino bermesin belakang. Yaitu "Hino RK8". Varian bus ini menjadi penerus generasi Hino RG. Dan tenaganya lebih besar. Pasti yang sering pulang kampung naik bus patas pernah nyoba varian ini. Varian RK ini dibagi menjadi 2. Yaitu r 235 dan r 260.  Varian Hino RK8 sendiri sudah banyak dipakai di indonesia bahkan dipakai di sebagian besar armadanya , contohnya garuda mas dan sinar jaya. Kelebihan chassis ini adalah lebutnya suara mesin dan suspensi yang nyaman.


Berikut inilah ciri - cirinya :

Tampilan Luar:


- terdapat lubang grill di samping di paling belakang body bus

-biasanya tidak terdapat logo hino di depan maupun belakang (namun saat saya pulang kampung, saya melihat bus eka cepat memakai logo. Kenapa ya ? )

 
Bus Eka Hino RK ada lambang hino          nya ( Foto: ngambil teko gugel)


Tampilan dalam:

- Tampilan setir yang lebih mulus

- Terdapat takometer

- terdapat rem tangan di kanan dashboard


Berikut spesifikasinya:

- Hino r 235 :Mekanikal 
A. Performa
Kecepatan Maksimum : 116 (km/jam)
Daya Tanjak (tan Ø) : 35
B. Model Mesin
Model : J08E - UG
Tipe : Mesin Diesel 4 Langkah Segaris, Turbo Intercooler
Tenaga Maksimum (PS/rpm) : 235 / 2.500
Torsi Maksimum (Kgm/rpm) : 72 / 1.500
Jumlah Silinder : 6
Diameter x Langkah Piston (mm) : 112 x 130
Isi Silinder (cc) : 7.684
C. Kopling
Tipe : Pelat Kering Tunggal; Hydraulic Operation dengan Booster udara
Diameter Cakram : 380 mm
D. Transmisi
Tipe : MF06S
Perbandingan Gigi : -
C : 
ke-1 :  8,189
ke-2 :  5,340
ke-3 :  3,076
ke-4 :  1,936
ke-5 : 1,341
ke-6 : 1,000
ke-7 : -
ke-8 : -
Mundur 7,142
E. Kemudi
Tipe : Integral Power Steering
Minimal Radius Putar : 9,2 m
F. Sumbu
Belakang : Full Floating Type, Single Reduction, Single Speed by Hypoid Gear
Depan : Reverse Elliot, I-Section Beam
Perbandingan Gigi Akhir : 4,300
Sistem Penggerak : Rear, 4 x 2
G. Rem
Rem Utama : Full Air dengan Sirkuit Ganda
Rem Pelambat : Terletak pada Pipa Gas Buang
Rem Parkir : Spring Brake
H. Roda & Ban
Ukuran Rim : 20x7.00T-162
Ukuran Ban : 10.00-20-14PR
Jumlah Ban : 6 (+1)
I. Suspensi
Depan & Belakang : Rigid Axle dengan Pegas Daun Semi Elliptic & Rigid Axle dengan Pegas Daun Tapper
J.Sistim Listrik Accu
Accu : 12V - 120Ah x2
Dimensi
A. Tangki Solar
Kapasitas : 270 lt
B. Dimensi (mm)
Jarak Sumbu Roda : 6000
Cabin to End : -
Total Panjang : 11.470
Total Lebar : 2.440
Total Tinggi : 1.890
Lebar Jejak Depan : 2.040
Lebar Jejak Belakang : 1.840
Julur Depan : 2.200
Julur Belakang : 3.270
C. Berat Chassis (kg)
Depan : 1.318
Belakang : 3.827
Berat Kosong : 5.145
GVWR / GCWR : 14200

Harga kurang lebih 580 jt an. 
Namun dengar dengar hino r235 sudah tidak dipasarkan lagi di indonesia. Dikarenakan tenaganya yang lebih rendah daripada hino RG.

Spesifikasi Hino r 260:
A. Performa
Kecepatan Maksimum : 116 (km/jam)
Daya Tanjak (tan Ø) : 38
Model Mesin 
Model : J08E - UF
Tipe : Mesin Diesel 4 Langkah Segaris, Turbo Intercooler
Tenaga Maksimum (PS/rpm) : 260 / 2.500
Torsi Maksimum (Kgm/rpm) : 76 / 1.500
Jumlah Silinder : 6
Diameter x Langkah Piston (mm) : 112 x 130
Isi Silinder (cc) : 7.684
B. Kopling
Tipe : Pelat Kering Tunggal; Hydraulic Operation dengan Booster udara
Diameter Cakram : 380 mm
C. Transmisi
Tipe : MF06S
Perbandingan Gigi : -
C : - 
ke-1 :  8,189 
ke-2 :  5,340
ke-3 :  3,076
ke-4 :  1,936
ke-5 :  1,341
ke-6 : 1,000
ke-7 : -
ke-8 : -
Mundur 7,142
D. Kemudi
Tipe : Integral Power Steering
Minimal Radius Putar : 9,2 m
E. Sumbu 
Belakang : Full Floating Type, Single Reduction, Single Speed by Hypoid Gear
Depan : Reverse Elliot, I-Section Beam
Perbandingan Gigi Akhir : 4,300
Sistem Penggerak : Rear, 4 x 2
G. Rem
Rem Utama : Full Air dengan Sirkuit Ganda
Rem Pelambat : Terletak pada Pipa Gas Buang
Rem Parkir : Spring Brake
H.Roda & Ban
Ukuran Rim : 22.5X8.25V-165
Ukuran Ban : 11R 22.5-16PR
Jumlah Ban : 6 (+1)

I. Suspensi
Depan & Belakang : Rigid Axle dengan Pegas Daun Semi Elliptic & Rigid Axle dengan Pegas Daun Tapper
J. Sistim Listrik Accu
Accu : 12V - 120Ah x 2 

Dimensi
A. Tangki Solar
Kapasitas : 270 lt
Dimensi (mm)
Jarak Sumbu Roda : 6000
Cabin to End : -
Total Panjang : 11.470
Total Lebar : 2.440
Total Tinggi : -
Lebar Jejak Depan : 2.040
Lebar Jejak Belakang : 1.840
Julur Depan : 2.200
Julur Belakang : 3.270
Berat Chassis (kg)
Depan : 1.333
Belakang : 3.847
Berat Kosong : 5.180
GVWR / GCWR : 14200


Harga Hino RK 8 ini kurang lebih 610 jt-an.

 Tapi,setelah bus ini dipakai lebih dari 3 tahun. Suspensinya bunyi engkrek engkrek. Kenapa ya?

Lanjuut ke Part 3 Membahas Hino RN 285


5 komentar:

  1. Beneran waktu pulang kampung lihat bus Eka cepat? Bukannya gambar itu dari Google? Ngaku deh..

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  4. Cak Kobong, passwordnya gmail anda: sumberselamat, nanti langsung ganti aja passwordnya pas masuk...

    BalasHapus

Berkomentarlah yang bijak.
Jangan menggunakan kata yang bersifat SARA, menghina ataupun kata kata yang dapat menyakiti hati admin.
Jangan komen yang enggak enggak.


Pertanyaan , Kritik , dan Saran Bisa anda tulis di blog ini atau di gmail saya

kaibahreyza@gmail.com