Senin, 16 April 2018

Bus Pabrikan Hino yang merajalela di Indonesia - Part 1

Halo readers! Kali ini. Saya akan memberikan informasi tentang bus pabrikan jepang. Yaitu Hino.

Hino Sendiri sudah banyak dipakai di Indonesia. Di Part 1 ini saya akan membahas tentang  Chassis Hino a 215 yang umumnya kita sering panggil "Hino AK8". Chassis ini menggunakan mesin depan. Chassis ini banyak digunakan pada bus jawa timuran ( seperti sumber group, mira, jaya, dll) dan bus panturaan ( seperti setia negara, luragung jaya ,dll) karena harganya yang lebih ekonomis , yaitu sekitar Rp 480 jt-an.


Cara mengidentifikasi:



Dari luar:

                Tampilan Eksterior
- terlihat grill ( seperti ventilasi ) di body depan

- overhang depan yang lebih pendek

- ada lambang hino baik depan maupun belakang



Dari dalam :


                  Tampilan Interior

- Pada Dashboard tidak terdapat takometer (penunjuk rpm)

-terdapat kotak seperti peti mati yang diberi bantalan

-biasanya lantai depan dibuat 2 row lebih tinggi.


Keunggulan bus berchassis Hino AK8 ini yaitu bisa menampung barang penumpang lebih banyak karena ada tambahan bagasi  ( tambahan bagasi tersebut letaknya ada pada kap body belakang .[ tempat tersebut dalamnya adalah mesin bila chassis yang dipakai adalah mesin belakang ] ) . Namun  kekurangannya adalah suara mesin bus ini masih belum selembut suara mesin belakang. Sehingga mengganggu kenyamanan penumpang. Hal itupun membuat chassis bus ini tidak pernah dibuat patas dan eksekutif. Namun bagi sopir. Bunyi mesin bisa langsung dirasakan.

Berikut speaifikasi lengkapnya :
PRODUKModelA 215
PRODUKSIKode ProduksiAK8JRKA-FCJ
PERFORMANCEKecepatan Maksimum(km/jam)105
Daya Tanjak (tan Ø)35
MESINModelJ08E-UH
TipeDiesel 4 Stroke; In-Line
Tenaga Maks (PS/rpm)215 / 2500
Momen Putir Maks. (Kgm/rpm)62 / 1500
Jumlah Silinder6
Diameter x Langkah Piston (mm)112 x 130
Isi Silinder7684
KOPLINGTipeSingle Dry Plate, with Coil Spring
Diameter350
TRANSMISITipe6 speeds
Perbanding Gigi
ke-17.663
ke-24.751
ke-32.898
ke-41.844
ke-51.288
ke-61
ke-7
ke-8
ke-9
mundur7.173
KEMUDITipeIntegral Power Steering
Radius Putar Min. (m)9.9
SUMBUDepanReverse Elliot, I-Section Beam
BelakangFull floating type with hypoid gear
Perbandingan gigi akhirSTD = 5.125
Sistem PenggerakRear 4×2
REMRem UtamaAir Over Hydraulic,
Rem PelambatWith On Exhaust Pipe
Rem ParkirInternal Expanding tipe pada transmisi output
RODA & BANUkuran Rim22.5 x 8.25
Ukuran Ban11R – 22.5-16PR
Jumlah Ban6
SISTIM LISTRIKAccu12V-120Ah x2
TANGKI SOLARKapasitas (L)200
DIMENSI (mm)Jarak Sumbu Roda5800
Panjang bak
Total Panjang11180
Total Lebar2425
Total Tinggi2100
Lebar Jejak Depan FR Tr1920
Lebar jejak Belakang RR Tr1840
Julur Depan FPH2030
Julur Belakang ROH3350
SUSPENSIDepan & BelakangRigid Axle with Semi Elliptic Leaf Spring
BERAT CHASSIS (kg)Depan2465(calculation)
Belakang1940(calculation)
Berat Kosong4405(calculation)
GVWR14200

Dari spesifikasi di atas . Bisa kita ambil kesimpulan bahwa chassis hino AK 8 ini lebih cocok bila dibuat trayek dekat - menengah. Dan chassis hino AK8 tidak pas apabila nge trek di jalan berliku dan menanjak , karena chassis ini tenaganya maksimalnya tidak besar . Yakni 215 ps ( 211 hp) / 2500 rpm. 
Namun jika dibandingkan sama hino AK sebelumnya ( Hino AK3HR ) , AK8 memiliki suara yang lebih lembut dan suspensi yang lebih nyaman





2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Cak Kobong, passwordnya gmail anda: sumberselamat, nanti langsung ganti aja passwordnya pas masuk...

    BalasHapus

Berkomentarlah yang bijak.
Jangan menggunakan kata yang bersifat SARA, menghina ataupun kata kata yang dapat menyakiti hati admin.
Jangan komen yang enggak enggak.


Pertanyaan , Kritik , dan Saran Bisa anda tulis di blog ini atau di gmail saya

kaibahreyza@gmail.com

Istilah Rebody Pada Dunia Perbisan

Yak Guys , Assalamu'alaikum WR.WB  Sudah Sangat Lama Admin Tdk Memposting Entri Baru di Blog Ini :) Maklum, Gak Sempat Kali Ini Mimin...