Halo readers! Kali ini. Saya akan memberikan informasi tentang bus pabrikan jepang. Yaitu Hino.
Hino Sendiri sudah banyak dipakai di Indonesia. Di Part 1 ini saya akan membahas tentang Chassis Hino a 215 yang umumnya kita sering panggil "Hino AK8". Chassis ini menggunakan mesin depan. Chassis ini banyak digunakan pada bus jawa timuran ( seperti sumber group, mira, jaya, dll) dan bus panturaan ( seperti setia negara, luragung jaya ,dll) karena harganya yang lebih ekonomis , yaitu sekitar Rp 480 jt-an.
Cara mengidentifikasi:
Dari luar:
Tampilan Eksterior
- terlihat grill ( seperti ventilasi ) di body depan
- overhang depan yang lebih pendek
- ada lambang hino baik depan maupun belakang
Dari dalam :
Tampilan Interior
- Pada Dashboard tidak terdapat takometer (penunjuk rpm)
-terdapat kotak seperti peti mati yang diberi bantalan
-biasanya lantai depan dibuat 2 row lebih tinggi.
Keunggulan bus berchassis Hino AK8 ini yaitu bisa menampung barang penumpang lebih banyak karena ada tambahan bagasi ( tambahan bagasi tersebut letaknya ada pada kap body belakang .[ tempat tersebut dalamnya adalah mesin bila chassis yang dipakai adalah mesin belakang ] ) . Namun kekurangannya adalah suara mesin bus ini masih belum selembut suara mesin belakang. Sehingga mengganggu kenyamanan penumpang. Hal itupun membuat chassis bus ini tidak pernah dibuat patas dan eksekutif. Namun bagi sopir. Bunyi mesin bisa langsung dirasakan.
Berikut speaifikasi lengkapnya :
Hino Sendiri sudah banyak dipakai di Indonesia. Di Part 1 ini saya akan membahas tentang Chassis Hino a 215 yang umumnya kita sering panggil "Hino AK8". Chassis ini menggunakan mesin depan. Chassis ini banyak digunakan pada bus jawa timuran ( seperti sumber group, mira, jaya, dll) dan bus panturaan ( seperti setia negara, luragung jaya ,dll) karena harganya yang lebih ekonomis , yaitu sekitar Rp 480 jt-an.
Cara mengidentifikasi:
Dari luar:
Tampilan Eksterior
- terlihat grill ( seperti ventilasi ) di body depan
- overhang depan yang lebih pendek
- ada lambang hino baik depan maupun belakang
Dari dalam :
Tampilan Interior
- Pada Dashboard tidak terdapat takometer (penunjuk rpm)
-terdapat kotak seperti peti mati yang diberi bantalan
-biasanya lantai depan dibuat 2 row lebih tinggi.
Keunggulan bus berchassis Hino AK8 ini yaitu bisa menampung barang penumpang lebih banyak karena ada tambahan bagasi ( tambahan bagasi tersebut letaknya ada pada kap body belakang .[ tempat tersebut dalamnya adalah mesin bila chassis yang dipakai adalah mesin belakang ] ) . Namun kekurangannya adalah suara mesin bus ini masih belum selembut suara mesin belakang. Sehingga mengganggu kenyamanan penumpang. Hal itupun membuat chassis bus ini tidak pernah dibuat patas dan eksekutif. Namun bagi sopir. Bunyi mesin bisa langsung dirasakan.
Berikut speaifikasi lengkapnya :
PRODUK | Model | A 215 |
PRODUKSI | Kode Produksi | AK8JRKA-FCJ |
PERFORMANCE | Kecepatan Maksimum(km/jam) | 105 |
Daya Tanjak (tan Ø) | 35 | |
MESIN | Model | J08E-UH |
Tipe | Diesel 4 Stroke; In-Line | |
Tenaga Maks (PS/rpm) | 215 / 2500 | |
Momen Putir Maks. (Kgm/rpm) | 62 / 1500 | |
Jumlah Silinder | 6 | |
Diameter x Langkah Piston (mm) | 112 x 130 | |
Isi Silinder | 7684 | |
KOPLING | Tipe | Single Dry Plate, with Coil Spring |
Diameter | 350 | |
TRANSMISI | Tipe | 6 speeds |
Perbanding Gigi | – | |
ke-1 | 7.663 | |
ke-2 | 4.751 | |
ke-3 | 2.898 | |
ke-4 | 1.844 | |
ke-5 | 1.288 | |
ke-6 | 1 | |
ke-7 | – | |
ke-8 | – | |
ke-9 | – | |
mundur | 7.173 | |
KEMUDI | Tipe | Integral Power Steering |
Radius Putar Min. (m) | 9.9 | |
SUMBU | Depan | Reverse Elliot, I-Section Beam |
Belakang | Full floating type with hypoid gear | |
Perbandingan gigi akhir | STD = 5.125 | |
Sistem Penggerak | Rear 4×2 | |
REM | Rem Utama | Air Over Hydraulic, |
Rem Pelambat | With On Exhaust Pipe | |
Rem Parkir | Internal Expanding tipe pada transmisi output | |
RODA & BAN | Ukuran Rim | 22.5 x 8.25 |
Ukuran Ban | 11R – 22.5-16PR | |
Jumlah Ban | 6 | |
SISTIM LISTRIK | Accu | 12V-120Ah x2 |
TANGKI SOLAR | Kapasitas (L) | 200 |
DIMENSI (mm) | Jarak Sumbu Roda | 5800 |
Panjang bak | ||
Total Panjang | 11180 | |
Total Lebar | 2425 | |
Total Tinggi | 2100 | |
Lebar Jejak Depan FR Tr | 1920 | |
Lebar jejak Belakang RR Tr | 1840 | |
Julur Depan FPH | 2030 | |
Julur Belakang ROH | 3350 | |
SUSPENSI | Depan & Belakang | Rigid Axle with Semi Elliptic Leaf Spring |
BERAT CHASSIS (kg) | Depan | 2465(calculation) |
Belakang | 1940(calculation) | |
Berat Kosong | 4405(calculation) | |
GVWR | 14200 |
source : PT Hino Motors Indonesia
Dari spesifikasi di atas . Bisa kita ambil kesimpulan bahwa chassis hino AK 8 ini lebih cocok bila dibuat trayek dekat - menengah. Dan chassis hino AK8 tidak pas apabila nge trek di jalan berliku dan menanjak , karena chassis ini tenaganya maksimalnya tidak besar . Yakni 215 ps ( 211 hp) / 2500 rpm.
Namun jika dibandingkan sama hino AK sebelumnya ( Hino AK3HR ) , AK8 memiliki suara yang lebih lembut dan suspensi yang lebih nyaman
Lanjut ke Part 2 - membahas tentang hino rk
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusCak Kobong, passwordnya gmail anda: sumberselamat, nanti langsung ganti aja passwordnya pas masuk...
BalasHapus